Culinary Journey at Hilton Hotel Bandung – Indian Cuisine

Hotel Hilton Bandung tepatnya di Purnawarman Restaurant ada acara Culinary Journey yang mengangkat tema Asia’s Cuisine selama bulan Maret.






Menampilkan 3 tamu cheff dari sister-Hotelnya Hilton di Korea, India dan China yang akan menghidangkan masakan otentik dari negara masing masing selama tiga minggu dari tgl 11 Maret- 29 Maret 2015.

Minggu kemarin, kita sudah berbagi cerita kuliner tentang makanan Korea dan minggu Ini makanan India yang akan memberikan hidangan terbaiknya dari tanggal 16 Maret – 22 Maret 2015 oleh Chef Ashok Eapen yang merupakan executive Chef di Hilton Garden Inn Trivandrum, Kerala – India Selatan.








Memasuki Purnawarman Restaurant , kita di sambut dua gadis cantik berpakaian Sari, pakaian khas India juga ada gerbang melambangkan gerbang India di Mumbai (dahulu dikenal dengan nama Bombay) suatu kota area metropolitan terbesar keempat di dunia dengan populasi melebihi 20 juta jiwa dan Bollywood pusat perfilman India juga terletak di kota ini.

Saatnya kita akan bahas sedikit tentang Kerala. Kerala lebih mirip negara kita yang beriklim tropis,
bertanah subur, berlimpah air ,berpenduduk ramah , pemandangan yang indah. Makanya tidak heran Kerala punya julukan God’s Own Country , negeri kepunyaan Dewa.

Dan menurut cerita di Kerala bisa ditemui Beef Curry ( kari sapi) yang rasanya sangat mirip dengan masakan Indonesia yg kita sebut semur dan ini banyak dijual karena Kerala mayoritas dihuni oleh non-Hindu ,yaitu Muslim dan Kristen yg tidak mempermasalahkan pemotongan sapi seperti halnya masyarakat Hindu India. Mereka hidup dengan rukun.


Chef Ashok Eapen akan menghidangkan 5 masakan andalannya dan beberapa masakan tambahan.




Fish Varural

Mengunakan ikan Kakap yang di marinare dengan jeruk lemon,cuka.

Membuat pasta dengan bubuk kunyit, bubuk ketumbar, daun kari di cincang , bawang merah cincang, telur , jahe bawang putih ,Cabai , lada hitam yang di hancurkan dan garam. Ikan yang telah dimarinate dibakar di atas wajan lalu taburi minyak secara berkala. Setelah matang angkat dan bisa dinikmati.

Ikan kakapnya lembut berbalutkan bumbu karinya yang tebal. Rasanya gurih dan Nampol banged!!
 
Kari merupakan masakan asal Asia Selatan terutama India.
Bumbu dan rempah rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar,kunyit ,merica,cabai, bubuk paprika ,jintan,kayu manis,kapulaga ,bunga lawang ,kelabet ,adas manis , daun salam koja dan cengkeh. 

Kari khas Kerala umumnya menggunakan satan dan daun salam koja atau dan kari ( curry leaves ) biji moster digunakan hampir pada setiap masakan bersama bumbu lain seperti bawang bombay,daun salam koja , dan potongan cabai yang digoreng diatas minyak.



Prawn Ularthiyathu

Udang dibersihkan lalu siapkan wajan panas dan minyak kelapa, cincang cabai hijau juga masukan kari dan cincang bawang dan tumis sampai berwarna cokelat keemasan.

Cincang tomat cabai bubuk, kunyit bubuk , ketumbar lalu tumis da masukan udang dan mencampurnya sampai masak lalu terakhir tambahkan garam masala.






Phirni / Phirnee

Phirni atau bubur nasi merupakan dessert India.
Pada perayaan Diwali,yang artinya Festival Cahaya yang terjadi dalam bulan October atau November dan merupakan peryaaan penting dan banyak keluarga India yang menyajikan masakan
manis salah satunya ,Phirni.

Untuk membuatnya beras harus digiling halus lalu dibuat pasta dan dicampur dengan susu dan gula serta taburan bubuk cardamon/Kapulaga yang membuat rasa gurih dan juga enak lalu taburi kacang pistachio dan almond dibagian atasnya.

Rasanya sangat lembut dan creamy, wangi dari kapulaganya enak ternyata selain membuat masakan jadi enak dan gurih,kapulaga juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit seperti sariawan, gangguan pencernaan,dll.





Baigan Ka Salan

terong yang dipotong kecil dimasak dengan pasta yang terdiri dari kacang panggang kering dimasak dalam api yang kecil tambahkan biji wijen tambahkan bubuk kelapa dan tambah air lalu blender jadilah pasta.

Keerai Masiyal

Keerai Masiyal atau sering disebut keerai Kadayal yaitu bayam kari. Bahan yang dipakai bayam,biji jintan, bawang putih,satu tomat hijau yang besar,cabai.

Setelah mencoba menu andalannya, di Purnawarman Restaurant tepatnya di salah satu sudut ada Indian Corner. 





Disana berjejer Coconut Panroll, bentuknya seperti pangsit tapi jangan dikira rasanya asin,sungguh diluar dugaan karena didalam kulit pangsit ada kelapa parut yang dimasak pakai gula merah.
Manis dan gurih.

Shahi Tukda, merupakan salah satu makanan penutup, dari bahan Roti yang direndam oleh susu, gula juga ditambahkan cardamon atau kapulaga kacang juga pistachio.Selain itu ada juga Turnip Pickle , Shrimp Pickle.





   


Apa yang kita bagikan disini hanyalah sedikit saja dari perjalanan kuliner di purnawarman Restaurant karena masih banyak lagi makanan yang lezat yang patut kamu coba. 

Jadi jangan buang kesempatan mencoba makanan dari India Selatan yang otentik.
Catat tanggalnya dari tgl 16-22 Maret 2015.


BUFFET DINNER
Tgl 16-22 Maret 2015
Purnawarman Restaurant
Harga Rp 230.000++ /orang
(Anak usia dibawah 12 tahun
discount 30%)


 


Hotel Hilton Bandung
Jl. Hos. Tjokroaminoto no 41-43 
Bandung


Web : bandung.hilton.com
Instagram @hiltonbandung
Twitter @hiltonbandung
Facebook Hilton bandung


——————————————————————————————————————


Let’s go eat
Instagram : @lets.go.eat
Twitter.      : @letseat
Facebook : lets go eat

Email :  lets.go_eat@yahoo.com

Blog
letsgoeat.info


  

















Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s